Selasa, 30 Desember 2008

Iis Sugiarti



IIS SUGIARTI

Meyebut nama IIS SUGIARTI mengingatkan kita pada jaman SMP dulu, lagu yang liriknya sangat mengelenda sampai sekarang ini :

“Melody, melody memory. . . . . 2X
Lagu kenangan masa yang silam
Masa penuh wangi bunga
Melody, melody memory. . . . . 2X
Menghantar jiwaku semakin terlena
Di kamar ini aku menangis”

Walaupun bukan album yang perdana tapi lewat album ini nama penyanyinya langsung melambung sejajar dengan penyanyi-penyanyi beken lainnya. “Joget India” lagu karya cipta youngky RM dan Ade Putra ini merupakan album perdananya. Di rilis pada pertengahan april 1987.

Belum genap satu tahun sejak album pertama di luncurkan, Iis kembali melempar single album vo.2 yang berjudul “Ingatkah kau padaku”. Lagu ciptaan Obbie Messakh itu sukses besar di pasaran, ini terbukti dalam waktu singkat sudah terjual lebih dari 1jt coppy. Kerja sama yang serasi antara sang penyanyi dan pencipta lagu menghasilkan sebuah tembang yang bagus, dengan kesuksesan yang di raih membuat sang pencipta lagu ketagihan untuk menciptakan kembali sebuah lagu buat Iis, awal tahun 1988 sebuah lagu berjudul “Disini aku menanti” merupakan album Vol.3 di luncurkan. Lagi-lagi di luar dugaan penjualan kaset yang bombastis kembali di raih, album ini merupakan jawaban dari lagu Obbie yang berjudul “Kau dan aku satu” produksi JK Records.

Seiring dengan suksesnya penjualan album-album Iis, konon banyak perusahaan rekaman menawarkan bayaran yang tinggi. Tercatat Iis pernah rekaman di 4 (empat) perusahaan rekaman yang berbeda, Nada Utama Records (NUR), Gajah Mada Recors, JK Records, dan terakhir di HP Records.

Penyanyi yang selalu memasang aktor Alan Nuari sebagai model video klipnya ini, Era tahun 90-an di saat trend penyanyi pop pindah aliran lagu mellow ke dangdut, Iis pun tak ketinggalan untuk membuat album dangdut, walaupun gak punya modal cangkok dangdut, Iis pun sempet menelurkan dua album pop dangdut berjudul “Selamat Tidur Sayang” serta “Topeng Cinta”. Ini membuktikan kalo suara Iis juga bisa di terima masyarakat dengan album dangdut, atau hanya penggermar yang fanatik seperti saya saja yang membeli kasetnya atau memang bisa di terima, ENTAHLAH. . . . .

Kesuksesan album 14 Best Seller of Iis Sugiarti, membuat album tersebut sering di coppy ulang dalam berbagai versi, album yang satu ini sampai sekarang juga masih dapat di beli di toko-toko kaset. Angka penjualannya juga mengalahkan album the best Iis yang baru, yang berjudul 20 Perjalanan Karier. Tapi sayang album ini nggak di buat dalam bentu CD (compact disc).

Itulah penyanyi cantik asal kota kembang, Bandung dan ibu satu anak dari Gesly Andrean (Andi) ini yang pada era 80-an sangat produktif mengeluarkan album-album baru. Tercatat Iis sudah mengeluarkan 12 album solo pop, 2 album solo dangdut, 3 album the best, 1 album the best bareng Iis Sugianto dan beberapa album kompilasi, termasuk album kaset dan CD 20 Karya Emas Obbie Messakh.

Inilah album-album sukses Iis Sugiarti :
1. Ingatkah kau padaku
2. Disini aku menanti
3. Joget india
4. Sahabat pena
5. Cermin yang retak
6. Kenangan dijalan
7. Puas dihatimu sakit dihatiku
8. Topeng cinta
9. Selamat tidur sayang
10. Kutelan Sendiri
11. Cinta inginya selalu bersama
12. Sakitnya hati ini
album terakhir yang di prokduksi tahun 1997

Untuk album satu ini ada versi video klipnya disamping album "Kutelan sendiri" dan "Ingatkah kau padaku". Itulah album-album sukses yang pernah di rilis penyanyi sendu bermata indah ini.


4 komentar:

  1. SAya temen anaknya...

    BalasHapus
  2. sedikit ralat ya Pry album iis yang pertama disini aku menanti thn 85,album ke 2 ingatkah kau padaku thn 86,baru pertengahan 87 album joget india jalan..

    BalasHapus
  3. Mas Prillo, mas penggemar Iis Sugiarti tentu suka baca artikel Iis Sugiarti saat ngetop dulu. Mungkin bisa diinfokan disini, nama asli Iis Sugiarti. Kenapa namanya mirip atau dimirip-miripkan dengan Iis Sugianto yang notabene adalah Ratu Pop Melankolis yang udah ngetop duluan. Makasih.

    BalasHapus
  4. Mas Prillo, saya mau ralat sedikit. Setahu saya, Iis Sugiarti bukan artis dari label JK Records. Lalu penggalan lagu yang ditulis di atas judulnya adalah Melody Memori. Lagu karya Obbie Messakh yang dipopulerkan oleh Eva Solina, produksi Musica Studio. Oya, melihat Mas Prillo ini adalah fans berat JK Records, saya mengajak Mas Prillo untuk bergabung di grup JK Records yang ada di facebook. Di sana, Mas Prillo bisa membagikan banyak hal yang Mas Prillo ketahui tentang artis2 JK. thanks

    BalasHapus